healthy and fresh

healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO

healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO - Hallo sahabat healthy and fresh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info-Sehat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO
link : healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO

Baca juga


healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO

Pengetahuan masyarakat saat ini tentang overhidrasi masih sangat minim dan perlu perhatian berbagai pihak. Sebab overhidrasi dapat menimbulkan dampak negatif yang serius bagi kesehatan, bahkan beberapa kasus dapat berakhir dengan kematian. Gangguan kesadaran disebabkan oleh pembengkakan otak akibat overhidrasi karena air dalam jumlah yang berlebihan masuk sampai ke dalam sel-sel otak dan bila tidak tertangani dengan cepat dan tepat bisa mengakibatkan kematian.

Waspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh

Minum banyak air memang sangat dianjurkan untuk kesehatan. Namun, jika mengkonsumsinya berlebihan, bisa sangat berbahaya dan menimbulkan efek buruk bagi tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian.

Overhidrasi adalah suatu keadaan saat tubuh seseorang mengalami kelebihan cairan. Kondisi isi terjadi saat seseorang minum berlebihan dalam waktu singkat sehingga mengalami kelebihan cairan yang berakibat konsentrasi natrium dalam plasma darah menjadi sangat rendah. Keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya penderita penyakit tertentu, yaitu pada orang-orang yang ginjalnya tidak dapat membuang cairan secara normal, penderita penyakit jantung, ginjal hati dan penyakit jiwa.

Gejala-gejala overhidrasi dapat di tunjukkan melalui hal-hal dibawah ini :
  • Perut terasa mual, penuh dan kembung. Kondisi ini disebabkan karena terlalu banyak jumlah air yang ada didalam tubuh
  • Kepala pusing dan bengkak pada kaki. Bila kondisi ini tidak cepat ditangani akan menyebabkan seseorang tak sadarkan diri. Bahkan, bisa menyebabkan koma dan meninggal dunia
  • Untuk mengatasi overhidrasi ringan, sebaiknya batasi asupan minum dan cobalah mengonsumsi makanan ringan yang asin
Overhidrasi juga lebih rentan terjadi pada anak-anak, lansia, konsumen obat-obatan tertentu seperti ekstasi dan obat penghilang rasa sakit karena bisa menahan cairan didalam tubuh. Namun, penyebab utama dari overhidrasi adalah minum berlebihan dalam jangka waktu beberapa jam. Misalnya dalam waktu 10-15 menit sebanyak 1 liter air atau minuman lainnya, juga dapat diakibatkan oleh adanya gangguan pengeluaran cairan tubuh. Gejala overhidrasi terbagi menjadi 3 yaitu :

Overhidrasi Ringan
Gejala overhidrasi terbagi atas overhidrasi ringan, yaitu seseorang merasa mual dan kram.  

Overhidrasi Sedang
Overhidrasi sedang jika seseorang sudah merasakan sakit kepala, perut terasa penuh atau begah, kaki dan tangan serta jari-jari bengkak.

Overhidrasi Berat
Sementara overhidrasi berat dapat dilihat jika seseorang sudah kejang-kejang, disorientasi, hilang kesadaran, koma dan bila tidak tertangani dengan cepat dan tepat akan meninggal dunia. 

Berbagai istilah diberikan untuk menyatakan kondisi overhidrsi, antara lain exercise associated hyponaterminal (EAH), water intoxication, water poison atau hyponatermia.

Anggota team Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dan pakar fisiologi olahraga Deparetmen Fisiologi FKUI dr Ernita Ilyas MS AIFO mengatakan, untuk memastikan seseorang mengalami overhidrasi sebaiknya dilakukan pemeriksaan kadar natrium plasma darah.

Hal ini berbeda dengan orang yang diduga mengalami dehidrasi, dimana pemeriksaan dilakukan melalui warna urine. Pada penderita dehidrasi, bila masih dapat buang air kecil, akan terlihat urine yang pekat dan berwarna kuning tua.

Perempuan lebih rentan mengalami overhidrasi dibandingkan laki-laki karena perempuan mempunyai ukuran tubuh lebih kecil sehingga pengeluaran panas dan cairan tubuh melalui penguapan dan melalui keringat lebih sedikit, akibatnya lebih banyak cairan tertahan di dalam tubuh. Selain itu, adanya faktor perubahan hormonal seperti saat menstruasi, tubuh perempuan mempunyai kecenderungan menahan air.


Demikianlah Artikel healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO

Sekianlah artikel healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO dengan alamat link http://healty19.blogspot.com/2015/09/healthy-and-freshwaspadai-bahaya.html
Tag : Info-Sehat
0 Komentar untuk "healthy and freshWaspadai Bahaya Overhidrasi atau Kelebihan Cairan Dalam Tubuh- BLOGSIBEJO"

Back To Top